ALAT INPUT, 
PEMROSESAN 
DATA, DAN OUTPUT 
ALAT INPUT, 
PEMROSESAN 
DATA, DAN OUTPUT 
Skema dasar perangkat keras 
. Alat input : keyboard, mouse, scanner, trackball, camera, 
microphone,joystick, light pen, digitizer, touch screen 
. Alat pemroses: CPU, processor, RAM, Co-processor, 
ROM 
. Alat output: monitor, printer, plotter, loudspeaker 
. Alat peyimpan: floopy disk, hard disk, comact disk, 
cassete, optical disk, real tape, electronic card, flash 
drive, magnetic tape 
. Periperal:interface card, cable, cannal communication, 
modem, sound card, network card 
. Alat pendukung : stablizer, ups
ALAT INPUT (INPUT DEVICE) 
. Alat yg digunakan untuk menerima 
masukan (input) ke dalam sistem 
komputer.
Alat input 
. Alat pengetikan : Keyboard, ATM, POS 
. Alat penunjuk :mouse,trackball,pointing 
stick,touchpad,touchscreen,joystick, light pen, 
digitizer 
. Alat pengambil gambar: scanner 
. Alat pengambil suara: microphone 
. Alat pengambil video: kamera video 
. Alat pengambil gerakan : glove, headset
keyboard 
. merupakan piranti masukan data yang 
dapat dipakai mengubah huruf, angka, 
ataupun kode lain menjadi isyarat listrik 
yang dapat diproses komputer 
. Secara garis besar sistem keyboard 
biasanya terdiri atas tombol pengetikan, 
angka, fungsi, dan kontrol
. Cara kerja keyboard
ATM (Automatic Teller Machine) 
. alat ini memungkinkan kita melakukan 
transaksi pengambilan uang 
tunai,pembayaran berbagai jenis tagihan, 
transfer uang, dll 
. ATM bekerja sebagai alat I/O sekaligus. 
Sebagai alat input, ATM memungkinkan 
pemakai memasukkan nomor PIN 
(Personal Identification Number), angka 
uang, dll yang tersedia pada menu. 
sebagai alat output, ATM memungkinkan 
pemakai (petugas bank) melihat perintah 
maupun kode dan angka yang diketikkan 
pada alat input.
POS (Point of Sale ) 
alat yang digunakan pada 
toko untuk memasukkan 
data pembelian.
Biasanya alat ini selain 
berisi tombol seperti 
keyboard, lengkap 
dengan angka juga masih 
ditambah fasilitas yang 
memungkinkan untukmemproses kartu kreditatau kartu debit 
MOUSE 
. Alat yg digunakan untuk mengatur posisi 
kursor di layar. Dengan menggeser mouse 
di bidang datar, kursor dilayar akan 
bergeser sesuai dg arah dari pergerakan 
mouse. 
. Mouse terhubung dengan komputer 
dengan sebuah kabel yang terdapat pada 
mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan 
dalam port yang terdapat di CPU 
komputer 
Trackball 
memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu 
Trackball 
memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu 
untuk memilih perintah-perintah dari menu 
tampilan grafis. 
Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer 
mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, 
sementara pada trackball dilakukan dengan 
menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah 
yang dikehendaki. 
Pointing Stick 
Jenis piranti yang biasa juga disebut stylusatau track point merupakan penunjuk yang 
berbentuk seperti penghapus karet pada 
ujung sebatang pensil yang biasanya 
terletak pada bagian tengah laptop. Untukmenggerakkannya dilakukan dengan 
menekannya dan menggerakkannya ke 
arah dikehendaki. 
. Keyboard laptop IBM dg track point
Touchpad 
. Touchpad merupakan piranti 
penunjuk yang berupa tempat 
datar guna menggeser pointer 
pada layar monitor dengan 
menempelkan jari di atasnya 
lalu digeser ke arah yang 
dikehendaki 
. Untuk melakukan “click”, pada 
touch pad biasa dilengkapi 
dengan tombol dekat touch 
pad tersebut atau cukup 
dengan memberikan ketukan 
halus pada touch pad 
tersebut. 
. Jenis pointer ini kebanyakan 
digunakan pada komputer 
jenis laptop
Touch Screen 
. piranti penunjuk berupa monitor yang 
diberi lapisan yang peka terhadap 
sentuhan. 
. Fungsinya sama dengan mouse atau 
jenis pointer lainnya. Layar sentuh ini 
biasanya terbungkus oleh bahan plastik 
yang dibelakangnya terdapat sinar 
inframerah yang tidak tampak. Lokasi 
sinar infra merah yang terputus oleh 
tekanan jari ini yang memberitahukan 
komputer tentang lokasi perintah yang 
diinginkan oleh pemakai.
Joystick 
. Joystick biasa digunakan 
untuk mengendalikan aplikasi 
permainan (game). 
. Pada prinsipnya samaseperti 
cara kerja mouse. Hanya saja 
penggerak penunjuk pada 
layar berupa tongkat kecil
Light pen 
. piranti penunjuk yang berupa pena dan 
dapat menghasilakan cahaya, yang 
digunakan bersamaan dengan sebuah 
layar yang peka cahaya (photoelectric) 
. Light pen memungkinkan pemakai 
menunjuk langsung ke layar di mana 
pemakai menghendaki pilihan atau 
perintah yang dijalankan
. Contoh pemanfaatan light 
pen yaitu pada alat 
pengendali lalu lintas udara 
pada bandara. Light pen 
biasa digunakan untuk 
menampilkan informasi 
lebih rinci mengenai sebuah 
pesawat dengan menunjuk 
piranti masukan ini pada 
obyek tertentu yang muncul 
pada radar
Digitizer tablet 
. salah satu piranti digitizer 
yang dapat mengkonversi 
gambar atau foto menjadi 
data digital. 
. Piranti ini berbentuk seperti 
papan plastik elektronis 
yang dilengkapi dengan 
mouse atau pena elektronis. 
. Tablet akan dapat 
mengkonversi gerakan 
tangan pemakai menjadi 
sebuah sinyal digital 
masukan bagi komputer.
Pengambil gambar terformat 
. Terdapat beberapa jenis piranti masukan yang 
dapat digunakan untuk mengambil citra 
terformat,dalam arti bentuk atau format hurufnya 
sudah ditentukan. Hal ini membantu piranti 
tersebut dalam menerima masukan, yang 
kemudian diubah menjadi sinyal digital. 
Termasuk dalam kategori piranti ini adalah 
barcode reader, MICR, OMR, dan OCR.
Bar code reader 
. Barcode adalah pola garis-garis 
hitam-putih yang umum dijumpai 
pada barang-barang yang dijual 
di swalayan untuk mempercepat 
proses pemasukan data 
transaksi penjualan. 
. bar code reader berfungsi 
seperti scanner foto elektris yang 
dapat mengkonversi data bar 
code menjadi sinyal digital.
Magnetic ink character recognition 
(MICR) 
. untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang 
dicetak dengan tinta khusus pula. Tinta ini nantinya akan 
dimagnetisasi (diberi unsur magnet) oleh piranti MICR, 
sehingga informasi magnetisnya dapat dibaca dan 
diterjemahkan menjadi sinyal digital 
. Tinta magnetis ini hanya dapat dicetak dengan 
menggunakan printer laser yang dapat menerima tinta 
tersebut. 
. MICR merupakan metode yang dapat menyediakan 
pemrosesan informasi secara umum dan berkecepatan 
tinggi. Penggunaannya biasa pada cek bank, dengan 
bagian bawah seringkali terdiri atas karakter dengan 
bentuk khusus yang berupa nomor cek, nomor 
pengurutan, dan nomor account pemiliknya
Magnetic Ink Character 
MICR 
Optical mark character 
. OMR adalah piranti yang 
dapat membaca blok tulisan 
pensil dan mengubahnya 
menjadi bentuk yang dapat 
digunakan oleh komputer. 
. Piranti ini membaca masukan 
dengan bantuan optis, 
dengan menggali ketebalan 
tulisan.
Optical character recognition 
. OCR merupakan piranti yang 
dapat membaca teks dan 
mengkonversikannya ke dalam 
bentuk kode digital yang 
nantinya diproses oleh komputer 
. OCR memiliki kemampuan 
untuk membaca data langsung 
dari kertas biasa dan tanpa dg 
menggunakan tinta magnetik yg 
khusus
Pengambil gambar tdk terformat 
. Pada perkembangan selanjutnya diperlukan 
pegambilan citra atau gambar yang belum 
meiliki format baku, untuk kemudian diambil 
data digitalnya. 
. Untuk memenuhi keperluan pengambilan 
gambar tidak terformat ini berbagai macam alat 
dapat digunakan. 
. Peralatan yang masuk dalam golongan ini 
diantaranya scanner, kamera digital,pembaca 
retina mata, dan pembaca sidik jari
Scanner 
. Scanner adalah suatu alat 
elektronik yang fungsinya mirip 
dengan mesin fotokopi. Mesin 
fotocopy hasilnya dapat 
langsung dilihat pada kertas 
sedangkan scanner hasilnya 
ditampilkan pada layar monitor 
komputer dahulu kemudian 
baru dapat dirubah dan 
dimodifikasi sehingga tampilan 
dan hasilnya menjadi bagus 
yang kemudian dapat disimpan 
sebagai file text, dokumen dan 
gambar. 
Kamera digital 
. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih 
mudah memasukan data berupa gambar 
apa saja, dengan ukuran yang relatif 
cukup besar, ke dalam komputer 
Pembaca retina mata 
. untuk membaca retina mata seseorang yang 
menghasilkan suatu identitas retina mata. 
. Identitas inilah yang kemudian diproses oleh 
komputer untuk melakukan tindakan-tindakan 
tertentu. misalnya:memperkenankan pemakai 
untuk memasuki ruang rahasia
Pembaca sidik jari 
(Fingerprint reader) 
. piranti yang digunakan untuk membaca 
sidik jariseseorang. Hasil pembacaan 
berupa data gambar yang menyatakan 
bentuk sidik jari seseorang
Microphone 
untuk memasukkan input berupa suara. 
Penggunaan mic tentu saja memerlukan 
perangkat keras tambahan untuk 
menerima input suara tersebut yaitu sound 
hasil rekaman suara 
card, dan speaker untuk mendengarkan 
Kamera Video 
. Untuk merekam citra bergerak, digunakan 
kamera video sebagai masukan komputer. 
Selain itu saat ini beberapa kamera digital 
juga memungkinkan untuk membuat 
berkas film berdurasi pendek (dalam 
beberapa detik)
Glove 
. Glove berbentuk sarung tangan, 
digunakan untuk merekam jenis serta 
kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai
Headset 
. piranti yang dipasang pada 
kepala, menutup mata, 
yang digunakan untuk 
menangkap dan merekam 
gerakan kepala, serta 
menayangkan berbagai 
macam gambar ke mata 
pemakai
ALAT PEMROSES 
. Alat dimana instruksi-instruksi program 
diproses untuk mengolah data yg sudah 
dimasukkan lewat alat input danhasilnya 
ditmpilkan di alat output 
. Terdiri dari CPU dan main memory
CPU 
. CPU merupakan tempat pemroses instruksiinstruksi 
program, yang pada komputer mikro 
disebut dengan micro-processor (pemroses 
mikro). 
. Contoh: Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel 
dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal 
dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 
(dikenal dengan komputer Pentium I), Intel 
Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel 
Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya 
. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu 
unit kendali (control unit) dan unit 
aritmatika dan logika (ALU). 
. Disamping itu, CPU mempunyai beberapa 
alat penyimpan yang berukuran kecil yang 
disebut dengan register. 
CU (Control Unit) / Unit Kendali 
. Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua 
peralatan yang ada pada sistem komputer 
. tugas dari unit kendali ini adalah: 
. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. 
. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. 
. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk 
diproses. 
. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau 
perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. 
. Menyimpan hasil proses ke memori utama
ALU (Arithmatic and Logic Unit) 
. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan 
aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi 
program. 
. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar 
penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut 
adder. 
. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi 
logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi 
perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika 
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ), kurang 
dari (<), kurang atau sama dengan (<=), lebih besar dari (>), dan 
lebih besar atau sama dengan (>= ). 
Register 
. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang 
mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang 
digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang 
sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya 
yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di 
dalam memori utama 
. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai 
ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data 
secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai 
CPU yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang 
mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai 
tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan 
logika. 
. tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem 
komputer, yaitu: 
. 1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang 
sedang diproses. 
. 2. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan 
data yang akan diproses dan hasil pengolahan. 
. 3. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program 
dan data secara permanen 
. Sebagai tambahan dari register, beberapa CPU 
menggunakan suatu cache memory yang mempunyai 
kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari 
CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang terbuang. 
. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai 
data atau instruksi diterima dari memori utama, atau 
menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori 
utama baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal 
proses dari memori utama lebih lambat dibanding 
kecepatan register sehingga akan banyak waktu 
terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok 
informasi pada memori utama dipindahkan ke cache 
memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan 
dengan cache memory. 
MEMORI 
. CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi 
di register yang berukuran kecil sehingga tidak 
dapat menyimpan semua informasi yang 
dibutuhkan untuk keseluruhan proses program. 
Untuk mengatasi hal ini, maka CPU harus 
dilengkapi dengan alat penyimpan yang 
berkapasitas lebih besar yaitu memori utama 
Random Access Memory (RAM) 
. Semua data dan program yang 
dimasukkan melalui alat input akan 
disimpan terlebih dahulu di memori utama, 
khususnya RAM, yang dapat diakses 
secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, 
atau dihapus isinya) oleh pemrogram 
. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu: 
. 1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan 
melalui alat input. 
. 2. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksiinstruksi 
program yang akan diakses. 
. 3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah 
dan hasil pengolahan. 
. 4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari 
pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
Read Only Memory (ROM) 
. ROM hanya dapat dibaca sehingga 
pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke 
dalam ROM. 
. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya 
berupa sistem operasi yang terdiri dari 
program-program pokok yang diperlukan 
oleh sistem komputer 
. Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM, yaitu 
dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi yang ada di 
dalamnya. 
. ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan pada rumahnya 
yang mempunyai jendela di atasnya. 
. ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable 
Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan 
selanjutnya tidak dapat diubah kembali. 
. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only 
Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat 
diprogram kembali berulang-ulang. 
. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable 
Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara 
elektronik dan dapat diprogram kembali. 
BUS 
. Hubungan antara CPU dengan memori utama ataupun 
dengan alat-alat input/output (I/O) dilakukan melalui 
suatu jalur yang disebut dengan bus 
. Bus merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur 
transportasi informasi antara dua atau alat-alat dalam 
sistem komputer. 
. Bus yang menghubungkan antara CPU dengan memori 
utama disebut dengan internal bus, sedang yang 
menghubungkan CPU dengan alat-alat I/O disebut 
external bus. 
PEMROSESAN INSTRUKSI 
. Jika pemrogram menginginkan CPU untuk 
mengerjakan sesuatu, maka harus ditulis 
suatu instruksi yang dapat dipahami oleh 
CPU. 
. Kumpulan dari instruksi inilah yang disebut 
dengan program 
. Program yang akan diproses dan data yang akan diolah 
oleh CPU harus diletakkan terlebih dahulu di memori 
utama 
. Tahap pertama dari pemrosesan suatu instruksi oleh 
CPU disebut dengan instruction fetch, yaitu proses CPU 
mengambil atau membawa instruksi dari memori utama 
ke CPU. Tahap selanjutnya (kedua) disebut instruction 
execute, yaitu proses dari CPU untuk mengerjakan 
instruksi yang sudah diambil dari memori utama dan 
sudah berada di IR register 
ALAT OUTPUT 
. Alat tempat mengeluarkan hasil proses 
komputer 
. Output yang dihasilkan dari pemroses 
dapat digolongkan menjadi empat bentuk, 
yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), 
image (dalam bentuk grafik atau gambar), 
suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca 
oleh mesin (machine-readable form). 
. Peralatan output dapat berupa: 
. Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan 
dan image pada media keras seperti kertas atau film. 
Contoh : printer, plotter, dan alat microfilm 
. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan 
dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. 
contoh: video display, flat panel, dan speaker 
. Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam 
simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media 
seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, 
sebagai alat output dan juga sebagai alat input. 
contoh: disk drive , tape drive. 
Monitor 
. Monitor merupakan piranti yang termasuk 
dalam piranti softcopy. karena keluarannya 
adalah berupa signal elektronik, dalam hal 
ini berupa gambar yang tampil di layar 
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil 
pemrosesan data ataupun informasi 
masukan. 
. Berdasarkan teknologi pembuatannya, 
monitor terbagi menjadi CRT (cathode ray 
tube) dan layar datar (flat panel display). 
. Layar datar yaitu LCD dan plasma.
Cathode Ray Tube 
. Monitor Cathode Ray Tube (CRT) memiliki 
layar yang terbuat dari tabung hampa, 
sama seperti pesawat televisi. Hal ini 
membuat monitor CRT memiliki ukuran 
relatif besar dibandingkan monitor LCD.
Liquid Crystal Display 
. Layar Liquid Crystal Display (LCD) 
memanfaatkan dua keping bahan yang 
terpolarisasi, dengan ditambah cairan 
kristal diantara keping tersebut. Sinyal 
listrik yang dilewatkan melalui cairan 
kristal tersebut akan membuat kristal 
yang ada di dalamnya mencegat 
cahaya yang lewat. Oleh karena itu 
tampilan LCD jenis monochrome 
biasanya berupa citra berwarna biru 
atau gelap, dengan latar belakang abuabu 
muda
Monitor Plasma 
. Monitor plasma menggunakan gas untuk 
mengeluarkan cahaya. Teknologi pada 
monitor ini kini diterapkan pada televisi 
layar datar lebar
Printer dan plotter 
. Printer dan plotter adalah jenis 
hard-copy device, karena 
keluaran hasil proses dicetak di 
atas kertas. Printer memiliki 
berbagai macam bentuk dan 
ukuran, serta ketajaman hasil 
cetak. Ukuran kertas yang 
dapat digunakan pun beragam. 
. Tetapi, untuk mencetak di atas 
kertas dengan ukuran yang 
sangat besar, digunakanlah 
plotter. 
. Type printer = dot matrix, laser jet, ink jet, dll 
. Dot matrix printer : printer yang menggunakan susunan 
pin yang akan menekan ribbon keatas kertas. 
. Ink Jet Printer bekerja dengan menyemprotkan tinta ke 
kertas sesuai dengan kadarnya 
. Laser Printer : gabungan teknologi laser dengan 
fotocopy, output digital dari komputer akan diubah 
menjadi pulsa sinar laser. Bayangan yang ditangkap di 
drum akan dikirim ke kertas dengan proses seperti 
mesin fotocopy
Computer Output Microfilm 
. piranti yang dapat menghasilkan gambar 
dalam gulungan mikrofilm atau pada 
microfiche yang berisi banyak halaman 
dalam setiap lembar.
Perangkat output audio 
. Piranti audio dapat menghasilkan suara 
digital hingga musik. Piranti ini 
memerlukan kartu suara,perangkat lunak 
khusus, dan speaker. Melalui teknologi ini 
dimungkinkan untuk mengkonversi suatu 
teks menjadi suara.
referensi 
. Ivan Sudirman. Perkembangan 
Hardware Komputer 
.www.ilmukomputer.com 
. Pengantar Teknologi dan 
Informasi.www.teknik-informatika.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar